Grombyang khas Pemalang

grombyang.jpg

Apa sih makanan khas kota Pemalang?
jawabane langka maningggg..!!!!
NASI GROMBYANG

Bisane didarani grombyang?
Sebabe sega karo duduhe kuwe akeh duduhe, dadi ning digawa goyang-goyang (grombyang-grombyang)…. kuwe jare wong Pemalang dewek…

 

Makanan khas Pemalang ini banyak terdapat di sepanjang Jalan R.E. Martadinata, dan seputar alun-alun Kota Pemalang. Ramuan Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau. Nama Grombyang berasal dari bentuk penyajian makanan ini, antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan grombyang-grombyang (goyang-goyang).

 

Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan. Namun, menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan khas Grombyang sudah ada sejak tahun 1900-an. Pada waktu itu penjual Grombyang menjual dagangannya tidak menetap seperti sekarang tetapi berkeliling kampung.

 

Ciri khas Grombyang terletak pada tempat jualannya berupa kulai besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, dan penerangan remang-remang dengan lampu templok. Ciri lainnya, pembeli menikmati hidangan dengan duduk di dingklik (kursi kecil pendek). Selain Grombyang masih ada jenis makanan khas lainnya seperti Sate Loso dan Kupat Dekem yang dapat dijumpai di Jalan R.E. Martadinata dan seputar alun-alun Kota Pemalang

 

Tulisan dari
http://karieeen.wordpress.com

30 thoughts on “Grombyang khas Pemalang

  1. Buat wong ndeso, bukan asli pemalang ya?

    ” Ramuan Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau. Nama Grombyang berasal dari bentuk penyajian makanan ini, antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan grombyang-grombyang (goyang-goyang). “

  2. Wis pingin sego grombyang ki…

    soale nang bandung langka sing dodol, kaji warso isih rame pora?

  3. aku ngloroh grombyang nang sidoarjo langka bos, apa anane grombyang neng pemalang tok apa seh.
    padahal aku wes suwe pengen mangan grombyang kyeh

  4. salam go cah suwareh desa demangan…
    kapan admin gawe acara kumpul2 bareng pemalang.biz mania….

  5. ass…p.kabare admin..? Insya Allah sehat selalu..amien..
    Insya Allah yen ana rejeki luwih aku arep gawe usaha umah mangan sing sederhana tp mengasyikan buat ngumpul2 wong pemalang SEGA GROMBYANG ning daerah cikarang hijau…trus misale ana wong pemalang mangan nunjukna KTP olih diskon 20%….
    aku wis niat gawe panganane nggo wong pemalang ning rantauan..
    salam go cah pemalang ning rantauan
    hidup pemalang.biz

    wong themangan
    desa semingkir

  6. wahhh enak sekali nasi grombyang jadi keinget yang jualan (pak Suyat).Tapi di Comal kok ga ada ya yang jualan Grombyang,bahkan kadang orang comal pun ga ngerti apa itu grombyang,aku juga dulu gitu ga tau kalo ga sekolah di SMAN 1 Pemalang,ngertine cuman apem comal doang…hee.
    Kayanya kalo bikin usaha di comal jualan grombyang laku keras nih??

  7. alhamdulillah sekiranya blog ini bisa jadi ajang silahturahmi antar penduduk pemalang yang jauh dari kota pemalang…untuk admin tetap semangat dan harapan saia semoga bisa menjadi blog yang komunikatif dan informatif bagi semuanya…aminn

  8. grombyang nang jember ko longko.soale aku kuliah nang jember kiye’slm janggo wong pesantren-uljami-pemalang.

  9. Wah angger kemutan nasi grombyang karo sate loso dadi pengin balik nang Pemalang….
    Kira-kira sapa ya… sing bisa kirim resep sate loso…
    Ben aku sing nang Kalimantan bisa mangan nganggo sate asli pemalang

  10. Nasi grombyang, kupat dekem karo bubur kacang ijo es kue panganan sing ngelingaken aku neng tahun 85 – 88 nalika aku esih sekolah spg . aku kos neng pelutan saben malem minggu mesti mlaku-mlaku neng sultan utawa indra terus njajane panganan kue mau… pokoke hebat lah pemalang TOP>>>ABIS….!

  11. mas, jare sampean pimen. warso ning nglayani grombyang mangkoke sing wis ana segani diisi kuah, trus ditumlek, trus diisi maning, ditumlek maning. mbok sepisan bae kaya nglayai bakso sih, ora papa rah ndean. apa dikon dukune ?

  12. ass. saLam kenaL :-)
    gRombyang pemaLang enak banget ya…
    klo pulang ke pemalang aku pasti mampir ke nasi grombyangnya pak Waridin (di sirandu…)
    abis seger banget…apalagi ditambah satenya…
    btw di jakarta ada nggak ya nasi grombyang khas pemalang?

  13. duH..pNgen tW decH rasa’e Nasi groMbyaNg,,
    coZ q cmEn dNger doaNk,dari tmeN2 q,,
    Lgian d’jakaRta nggaK ada yaNg juaLan nasI groMbyang..
    meskiPun q bukaN org pemaLang,
    q j9 pn9En nyoBaiN rasa’e..
    taPi sayaNg’e dsNi nggak ada..
    buka doNk caBaNg d’jakaRta,,
    biaR nggak jaUh2 k’pemaLaNg,,

  14. Mau nanya nih…
    Bumbu sate dekem (seperti di Dekem pojok Alun-alun Pemalang) apa ya……….
    Tks.

  15. Assalamualaikum Wr Wb…
    melu mampir ya mas admin…..
    inyong wong mbanjaranrar ndongkal, nembe mbuka web pemalang,langsung nemu suguhan gromyang, inyong dadi kepingin balik, terus mangan grombyange pak Wahidin, terus tahu campur sing mangkal ning pasar anyar esih ora ya?

  16. wew…

    dadi kelingan pas SD, ujian praktek gawe Grombyang
    ekekekek…

    Mantep akh.. oya, bung admin, bisane gambare Grombyang Pak Warso seh.?

  17. Pingback: Homepage
  18. Pingback: link

Leave a Reply

Before you submit form:
Human test by Not Captcha