Home » KULINER » Grombyang khas Pemalang

Grombyang khas Pemalang

Categories

grombyang.jpg

Apa sih makanan khas kota Pemalang?
jawabane langka maningggg..!!!!
NASI GROMBYANG

Bisane didarani grombyang?
Sebabe sega karo duduhe kuwe akeh duduhe, dadi ning digawa goyang-goyang (grombyang-grombyang)…. kuwe jare wong Pemalang dewek…

 

Makanan khas Pemalang ini banyak terdapat di sepanjang Jalan R.E. Martadinata, dan seputar alun-alun Kota Pemalang. Ramuan Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau. Nama Grombyang berasal dari bentuk penyajian makanan ini, antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan grombyang-grombyang (goyang-goyang).

 

Tidak diketahui dengan pasti kapan makanan khas ini mulai diciptakan. Namun, menurut penuturan para orang tua di Pemalang, makanan khas Grombyang sudah ada sejak tahun 1900-an. Pada waktu itu penjual Grombyang menjual dagangannya tidak menetap seperti sekarang tetapi berkeliling kampung.

 

Ciri khas Grombyang terletak pada tempat jualannya berupa kulai besar, tempat nasi ditutupi dengan kain merah, dan penerangan remang-remang dengan lampu templok. Ciri lainnya, pembeli menikmati hidangan dengan duduk di dingklik (kursi kecil pendek). Selain Grombyang masih ada jenis makanan khas lainnya seperti Sate Loso dan Kupat Dekem yang dapat dijumpai di Jalan R.E. Martadinata dan seputar alun-alun Kota Pemalang

 

Tulisan dari

http://karieeen.wordpress.com


30 Comments

  1. thie says:

    assalamualaikum wr.wb.
    numpang nanya disini ya..
    itu yg Ind Eng Ngapak ko ga ngelink??

  2. admin says:

    waalaikumsalam wr wb

    Fasilitas bahasa masih dalam pengembangan .
    Aja lali sering mampir yak he he

  3. nana says:

    matur nuwun ya…inyong bisa sering mampir dong menu sing isih kosong cepet diisi ya..dadine ora bosen dong mampir

  4. admin says:

    matur nuwun ya , kalo mau ngirim info atau artikel atau promosi juga boleh. silahkan register. trims

  5. Een says:

    Dadi pingin grombyang grombyang…

  6. WOng Ndeso says:

    wah NASI GROMBYANG isine opo dab!

  7. Ucik says:

    nasi grombyang nang jakarta ono sing dagang apa ora ya????

  8. admin says:

    Buat wong ndeso, bukan asli pemalang ya?

    ” Ramuan Grombyang terdiri dari nasi, irisan daging kerbau dan kuah, disajikan dalam mangkuk kecil dilengkapi sate kerbau. Nama Grombyang berasal dari bentuk penyajian makanan ini, antara isi dan kuah lebih banyak kuahnya sehingga kelihatan grombyang-grombyang (goyang-goyang). “

  9. exa says:

    Wis pingin sego grombyang ki…

    soale nang bandung langka sing dodol, kaji warso isih rame pora?

  10. ronny_k19b says:

    aku ngloroh grombyang nang sidoarjo langka bos, apa anane grombyang neng pemalang tok apa seh.
    padahal aku wes suwe pengen mangan grombyang kyeh

  11. Ass Wr Wb.
    Salam kangen karo wong2 pemalang.
    oiya om admin
    ikutan nimbrung promosi
    saiki nang pemalang wis ana forum
    alamate catet yah.
    http://forum-pemalang.org
    kanggo tukar pengalaman, ilmu, pokoke ana kabeh.

    Mathur Nuwun om Admin, sukses pemalang.biz

    Wassalam.

  12. admin says:

    Salam.

    Silahkan

  13. guntar says:

    salam go cah suwareh desa demangan…
    kapan admin gawe acara kumpul2 bareng pemalang.biz mania….

  14. admin says:

    Member pemalanag.biz belum begitu banyak , mungkin suatu saat nanti temu darat

  15. wong themangan says:

    ass…p.kabare admin..? Insya Allah sehat selalu..amien..
    Insya Allah yen ana rejeki luwih aku arep gawe usaha umah mangan sing sederhana tp mengasyikan buat ngumpul2 wong pemalang SEGA GROMBYANG ning daerah cikarang hijau…trus misale ana wong pemalang mangan nunjukna KTP olih diskon 20%….
    aku wis niat gawe panganane nggo wong pemalang ning rantauan..
    salam go cah pemalang ning rantauan
    hidup pemalang.biz

    wong themangan
    desa semingkir

  16. rini says:

    wahhh enak sekali nasi grombyang jadi keinget yang jualan (pak Suyat).Tapi di Comal kok ga ada ya yang jualan Grombyang,bahkan kadang orang comal pun ga ngerti apa itu grombyang,aku juga dulu gitu ga tau kalo ga sekolah di SMAN 1 Pemalang,ngertine cuman apem comal doang…hee.
    Kayanya kalo bikin usaha di comal jualan grombyang laku keras nih??

  17. alhamdulillah sekiranya blog ini bisa jadi ajang silahturahmi antar penduduk pemalang yang jauh dari kota pemalang…untuk admin tetap semangat dan harapan saia semoga bisa menjadi blog yang komunikatif dan informatif bagi semuanya…aminn

  18. habibi says:

    grombyang nang jember ko longko.soale aku kuliah nang jember kiye’slm janggo wong pesantren-uljami-pemalang.

  19. Riried says:

    Wah angger kemutan nasi grombyang karo sate loso dadi pengin balik nang Pemalang….
    Kira-kira sapa ya… sing bisa kirim resep sate loso…
    Ben aku sing nang Kalimantan bisa mangan nganggo sate asli pemalang

  20. m. irama says:

    Nasi grombyang, kupat dekem karo bubur kacang ijo es kue panganan sing ngelingaken aku neng tahun 85 – 88 nalika aku esih sekolah spg . aku kos neng pelutan saben malem minggu mesti mlaku-mlaku neng sultan utawa indra terus njajane panganan kue mau… pokoke hebat lah pemalang TOP>>>ABIS….!

  21. paing says:

    mas, jare sampean pimen. warso ning nglayani grombyang mangkoke sing wis ana segani diisi kuah, trus ditumlek, trus diisi maning, ditumlek maning. mbok sepisan bae kaya nglayai bakso sih, ora papa rah ndean. apa dikon dukune ?

  22. yuNie says:

    ass. saLam kenaL :-)
    gRombyang pemaLang enak banget ya…
    klo pulang ke pemalang aku pasti mampir ke nasi grombyangnya pak Waridin (di sirandu…)
    abis seger banget…apalagi ditambah satenya…
    btw di jakarta ada nggak ya nasi grombyang khas pemalang?

  23. Fitri says:

    duH..pNgen tW decH rasa’e Nasi groMbyaNg,,
    coZ q cmEn dNger doaNk,dari tmeN2 q,,
    Lgian d’jakaRta nggaK ada yaNg juaLan nasI groMbyang..
    meskiPun q bukaN org pemaLang,
    q j9 pn9En nyoBaiN rasa’e..
    taPi sayaNg’e dsNi nggak ada..
    buka doNk caBaNg d’jakaRta,,
    biaR nggak jaUh2 k’pemaLaNg,,

  24. puspita damayanti says:

    Mau nanya nih…
    Bumbu sate dekem (seperti di Dekem pojok Alun-alun Pemalang) apa ya……….
    Tks.

  25. laskar masjid says:

    Assalamualaikum Wr Wb…
    melu mampir ya mas admin…..
    inyong wong mbanjaranrar ndongkal, nembe mbuka web pemalang,langsung nemu suguhan gromyang, inyong dadi kepingin balik, terus mangan grombyange pak Wahidin, terus tahu campur sing mangkal ning pasar anyar esih ora ya?

  26. Teatzo says:

    wew…

    dadi kelingan pas SD, ujian praktek gawe Grombyang
    ekekekek…

    Mantep akh.. oya, bung admin, bisane gambare Grombyang Pak Warso seh.?

  27. info says:

    kalo punya info lain atau foto terbaru kirim ke kita

  28. Homepage says:

    … [Trackback]…

    [...] Read More: pemalang.biz/2008/02/09/grombyang-khas-pemalang.pemalang [...]…

  29. link says:

    … [Trackback]…

    [...] Informations on that Topic: pemalang.biz/2008/02/09/grombyang-khas-pemalang.pemalang [...]…

  30. … [Trackback]…

    [...] Read More: pemalang.biz/2008/02/09/grombyang-khas-pemalang.pemalang [...]…

Post a Comment

Kyplex Cloud Security Seal - Click for Verification